ankim

Teknologi & Rekayasa

tkj

Teknologi Informasi & Komunikasi
 

Kepariwisataan

Bisnis & Manajemen

Perkembangan teknologi disruptif akibat Revolusi Industri 4.0 menjadi perhatian utama dalam revitalisasi dan pemutakhiran bidang-bidang keahlian di SMK. Melalui kegiatan pendampingan implementasi program revitalisasi SMK yang melibatkan stakeholder pendidikan, antara lain perguruan tinggi, DU/DI, P4TK, dan LP3TK bertujuan untuk memberikan masukan dan mengarahkan SMK untuk mampu menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing unggul dalam persaingan kerja secara nasional maupun global.
 
39142958_2008740229183901_1189944470590717952_n.jpg
 
Sementara untuk SMK Negeri 1 Gorontalo kegiatan ini telah berlangsung selama tiga hari, sejak Selasa 14 Agustus 2018 yang di buka langsung oleh Kepala SMK Negeri 1 Gorontalo Drs. Ruslan Payu, M.Pd di aula lantai dua. Kegiatan yang dihadiri staf pimpinan dan kepala kompetensi keahlian ini telah berhasil merumuskan enam bidang revitalisasi yang dianggap relevan dengan kondisi SMK Negeri 1 Gorontalo saat ini seperti; Pengembangan dan Penyelarasan Kurikulum, Peningkatan Kualitas Sarpras, Inovasi Pembelajaran, Pemenuhan dan Peningkatan Profesionalisme Guru dan Tendik, Pemutakhiran Kerjasama Industri, Pengelolaan dan Penataan Kelembagaan.
 
Kegiatan pendampingan implementasi program revitalisasi untuk SMK Negeri 1 Gorontalo kali ini mendapat kehormatan didampingi oleh Dr. Drs. Masduki Zakarijah, M.T dari Universitas Negeri Yogyakarta. Menurutnya, sekolah harus memiliki keunggulan berbasis potensi wilayah dan sumber daya yang dimiliki untuk menghasilkan lulusan sesuai dengan kebutuhan industri, disinilah tim pendamping akan bersama-sama dengan SMK memprioritaskan program revitalisasi.
 
Pada kesempatan yang sama, Hj. Maryam Ibrabim, M.Pd selaku Wakil Kepala SMK Negeri 1 Gorontalo saat diwawancarai tim Media Center SMeK One menegaskan bahwa revitalisasi yang dimaksud adalah non fisik dalam arti lebih menitikberatkan pada peningkatan kualitas mutu lulusan. Adapun tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diwajibkan bagi guru yang akan naik pangkat, semestinya dilaksanakan pada setiap proses pembelajaran. Hal ini bertujuan memastikan setiap output dan outcome yang benar-benar memiliki keunggulan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya, serta proses yang dilakukan dapat diimbaskan kepada sesama tenaga pendidik.
 
Menimpali penyataan diatas Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana Eddyson Jassin, S.Kom, M.Pd menghimbau kepada seluruh warga sekolah untuk dapat memaksimalkan penggunaan sarpras serta dapat memelihara dan menjaganya agar terbangun citra sekolah yang baik di masyarakat, karena salah satu tujuan dari kegiatan Pendampingan Implementasi Program Revitalisasi 219 SMK adalah membangun citra SMK di masyarakat melalui media masa.
 

Leave your comments

Post comment as a guest

0
  • No comments found

Pengunjung

We have 8 guests and no members online

Schoolmedia

 

DitpSMK

Kemendikbud

kemendikbud

Pemkot Gorontalo

   ALAMAT
  
   Jalan Ternate, Kota Gorontalo
   Provinsi Gorontalo - 96125
  TELEPON
 

  (0435) 822313-822772

  EMAIL
 

  smkn1gorontalo@yahoo.co.id